Saturday, July 13, 2013

Gorden: Dari Kulit Hingga Kain


GORDEN. Hm.. sepertinya kita sudah tak asing lagi dengan kata tersebut. Yap, Gorden merupakan bagian dari rumah yang berfungsi sebagai penghalang cahaya matahari agar tidak mengganggu aktivitas kita di dalam rumah. Namun, sekarang ini fungsi gorden tidak hanya itu. Gorden lebih memiliki nilai estetika ketimbang hanya penghalang cahaya. Sebuah rumah mewah tanpa gorden akan terasa hambar ketimbang rumah yang biasa saja tetapi dilengkapi dengan gorden yang cocok sehingga menambah kesan "Home Sweet Home". Bahkan bisa jadi untuk sebagian orang dikatakan bahwa gorden sebagai tolak ukur tingkat value seseorang dilihat dari jenis gorden yang ia pakai. Zaman sekarang ini gorden memiliki beragam jenis dan bentuknya baik dari segi bahan, desain, ukuran dan sebagainya.

Ngomong-ngomong tahukah kamu bahwa gorden pertama terbuat dari kulit hewan? Ya, gorden atau tirai pertama kali dibuat dari kulit hewan dan digantung di atas atau di dekat pintu. Penduduk Amerika Utara telah menggunakan gorden yang terbuat dari kulit hewan untuk dijadikan tenda. Sebagai penutup pintu tenda, mereka menjadikan gorden sebagai penutup pintu yang dapat ditutup dan dibuka.

Seiring dengan perkembangan tekstil, pembuatan gorden dimulai dan pertama kalinya dibuat oleh bangsa Eropa dan Amerika. Namun, sebenarnya menurut sejarah justru bangsa Cina dan India telah memproduksi tekstil untuk sebagai pembatas pintu dan pemisah ruangan sebelum orang-orang Eropa membuatnya.
Pembuatan model gorden yang bertumpuk-tumpuk diilhami oleh orang-orang Eropa. Saat itu banyak rumah-rumah bergaya Renaisance dengan jendela-jendela yang besar dan tinggi dan pintu yang besar.

Rumah-rumah tersebut pada awalnya dapat terlihat karena jendela-jendela yang besar dan tinggi tidak tertutupi oleh gorden. Semua orang dapat melihat aktivitas yang ada di dalam rumah, bahkan setiap orang bisa masuk dengan leluasa karena tidak ada penghalang. Hal ini tentu saja merisaukan pemilik rumah, hingga orang-orang berpikir dan membuat ide kreatif dalam pembuatan gorden berukuran besar dimulai.

Hingga kini kemunculan gorden semakin berkembang pesat dan beragam. Gorden tampil dengan berbagai corak, model, dan warna. Model gorden disesuaikan dengan interior rumah. Gorden tak lagi muncul hanya dengan potongan kain berbentuk lurus panjang saja, tetapi kini hadir dengan berbagai ornamen dan variasi.

Inovasi pembuatan gorden mengikuti trend pembuatan rumah yang ada sekarang. Gorden ada yang mempunyai model yang minimalis, ada juga yang klasiik, bahkan ada yang menyerupai model modern ala kerajaan. 

Gorden kini tidak lagi keperluan rumah tangga yang mahal harganya. Banyak penjual gorden yang menawarkan harga yang variatif dan dapat terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat. Selain harga, gorden juga berkembang dalam hal cara membersihkannya, yang apabila dulu susah membersihkan gorden, sekarang lebih mudah membersihkannya. Manfaat gorden pun selain mempunyai nilai estetika, ada juga yang sifatnya menyerap suara, mempunyai daya tahan yang tinggi terhadap sinar matahari sehingga tidak gampang rusak dan tahan lama, bahkan ada juga gorden yang tahan terhadap api. tentunya kualitas tersebut disesuaikan dengan harga yang dimilikinya. :-D

Demikian Postingan kali pertamaku, smoga bermanfaat..
Referensi: http://www.anneahira.com/gorden.htm

No comments :

Post a Comment

Pages

Popular Posts